PEMBAHASAN
1 SEJARAH KOMPUTER
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang
terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk
mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan
pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah
komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam
pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan
komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode
rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu
memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama,
Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya
didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga
kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
2. JENIS- JENIS
KOMPUTER
1.
Super Computer
2.
Main Computer
3.
Mini Computer
4.
Micro Computer
5.
Micro Computer, Personal Computer (PC)
a.
Desktop Casing
b.
Mini Tower, Mid- Tower, Tower Casing- Workstation
6.
Notebook Computer
7.
Personal Digital Assistant (PDA)/ Palmtop Computer
8.
Cellular Phone
9.
Tablet PC
10. Cluster
Computer (beberapa komputer (biasanya PC) bekerja bersama sebagai satu virtual
computer
3. ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER
1.
Software
2.
Hardware
3.
Brainware
1.Software
1.
Software Sistem
a.
Sistem Operasi (OS) : Windows, MacOS, LINUX, BSD, UNIX
dsb
b.
Programming Language (Bhs. Pemrograman) : Assembly,
Pascal, C, C++, Perl,
2.
PHP, dsb.
a.
Utility Sistem : Scandisk, Fdisk, dsb
3.
Nb: Windows ialah salah satu OS yang dibuat dengan
bahasa JavaScript dan VbSript
2.
Application Software
a. Custom Made
Software: Software yang dibuat sesuai kebutuhan (seperti software penghitung
bea listrik dari VB6, sudah dicoba di TKj loh)
b. Commecial
Software/ Package Software
Word Processor,
Desktop Publishing, Spreadsheet, Graphic Software, Database Management System
.Perangkat lunak aplikasi umumnya menangani data jenis:
text, numbers, picture, sound dan video
text, numbers, picture, sound dan video
3. Hak Cipta
Perangkat Lunak
a. Software
Gratis : Freeware, Public Domain (GNU)
b.Software
dengan hak cipta : copyrighted software, shareware
4. Lisensi
Software Komputer
Menurut Microsoft dalam "The Halloween Document" beberapa jenis
lisensi
untuk program
komputer:
a. Commercial
License
Seperti Microsoft yang melengkapi windows dengan officenya, lotus,
oracle.
software
tersebut dibuat untuk kepentingan komersial, sehingga user yang mau
memakai harus
mendapat izin dari pemegang hak ciptanya
b.Trial License
Biasa ditemui pada software untuk kepentingan demo sebelum diluncurkan
kepasaran tetapi memiliki izin dalam bentuk masa aktif. lisensinya mengizinkan
pengguna untuk memakai, menggandakan software secara bebas tapi terhalang oleh
keterbatasan fungsi (layanan) dan masa aktif
c. Non
Commercial License
Diperuntukkan untuk kalangan pendidikan/ yayasan tertentu dibidang sosial
(seperti pustaka maya). sifatnya non komersial (gratis) tapi dengan batasan
tertentu
d. Shareware License
d. Shareware License
Mengizinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin ataupun menggandakan
tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta, berbeda dengan trial license ini
tidak dibatasi oleh batas waktu dan memiliki fitur lengkap dan biasa ditemukan
pada pembuat software kecil.
e. Freeware
License
Ditemui pada software yang bersifat mendukung/ fasilitas tambahan seperti
plug-in.
f. Royalty- Free Binaries License
f. Royalty- Free Binaries License
Serupa dengan freeware tapi
produknya ialah berbentuk library yang berfungsi melengkapi software yang sudah
ada (semacam tool).
g. OpenSource License
Membebaskan user untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan,
mempelajari, mengubah dan meningkatkan kerja software. berbagai jenis license
opensource berkembang sesuai kebutuhan. seperti GNU/ GPL, The FreeBSD, MPL.
jenis software yang memakai lisensi semacam itu seperti Linux, Sendmail, Apache dan FreeBSD
2.Brainware
Di dalam komputer terdapat 2 perangkat yaitu
Perangkat Lunak (Software) dan
Perangkat Keras (Hardware). Tetapi
dewasa ini, telah lahir sebuah perangkat yang telah dipadukan oleh manusia
sebagai pemakainya. Perangkat tersebut disebut dengan nama Perangkat Akal (Brainware). Perangkat akal (brainware) itu sendiri adalah sebuah Istilah yang digunakan untuk manusia (user) yang berhubungan dengan sistem
tersebut. Untuk lebih mudahnya,perangkat akal (brainware) adalah orang yang menggunakan komputer itu sendiri.
Manusia (user) merupakan suatu elemen
dasar dari sistem komputer setelah hardware dan software. Maksudnya adalah bila tidak ada manusia maka sebuah
komputer tidak bisa digunakan sebagaimana yang diharapkan. Jadi manusia adalah
orang yang merancang bagaimana suatu mesin tersebut dapat bekerja sesuai dengan
hasil yang diinginkan atau yang diharapkan.
Perangkat Akal ini digolongkan
menjadi beberapa kelompok, yaitu :
1.
Sistem Analisis
Beberapa pengertian dari sistem analisis :
a.
Orang yang Bertugas
untuk menganalisis masalah yang berhubungan dengan komputer serta merancang
sistem komputer.
b.
Seseorang yang
menggunakan pengetahuan aplikasi komputer yang dimilikinya untuk memecahkan
masalah-masalah bisnis,dibawah petunjuk manajer sistem.
c.
Seseorang yang
bertanggung jawab untuk menterjemahkan kebutuhan-kebutuhan pemakai sistem (user)
itu sendiri kedalam spesifikasi teknik yang diperlukan oleh programmer dan
diawasi oleh manajemen.
2.
Fungsi sistem
analisis :
a.
Mengidentifikasi
masalah-masalah dari pemakai/user.
b.
Menyatakan secara
spesifik sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user.
c.
Memilih
alternatif-alternatif metode pemecahan masalah.
d.
Merencanakan dan
menerapkan rancangan sistemnya sesuai dengan permintaan user.
3.
Tugas-tugas umum
dari sistem analisis :
a.
Mengumpulkan dan
menganalisis formulir,dokumen,file yang berkaitan dengan sistem yang berjalan.
b.
Menyusun dan
menyajikan laporan perbaikan (rekomendasi) dari sistem yang berjalan kepada
user.
c.
Merancang suatu
sistem perbaikan dan mengidentifikasi aplikasi-aplikasi untuk penerapannya pada
komputer.
d.
Menganalis dan
menyusun biaya-biaya dan keuntungan dari sistem yang baru.
e.
Mengawasi semua
kegiatan dalam penerapan sebuah sistem yang baru.
4.
Langkah kerja sistem analis :
a.
Tahap
mengidentifikasi masalah kebutuhan user.
b.
Tahap melaksanakan
studi kelayakan.
c.
Tahap analisis dan
rancang sistem.
d.
Tahap penerapan
sistem.
e.
Tahap evaluasi dan
pemeliharaan.
5.
Programmer
Orang yang bertugas untuk membuat program
yang akan diterapkan pada komputer.
6.
Tugas programmer
Pekerjaan dari seorang programmer adalah
membuat program berdasarkan spesifikasi proses yang ditetapkan oleh perancang
aplikasi. Hasil dari pekerjaan ini tentu adalah program yang dapat
dijalankan,baik secara mandiri atau sebagai modul yang digunakan oleh modul
atau program lain. Program yang dihasilkan itu sendiri,seharusnya terbebas dari
kesalahan sintaks tetapi juga harus bebas dari kesalahan logika. Untuk
mengetahui bahwa program yang dibuat sudah terbebas dari kesalahan maka harus
dilakukan pengujian terhadap program tersebut.
7.
Pengujian
Pengujian program harus dilakukan
pertama kali oleh pemrogram itu sendiri, setelah itu baru diserahkan dan
dilakukan pengujian oleh penguji (tester)
program. Bahan untuk pengujian harus disiapkan oleh perancang aplikasi atau
pengguna. Bahan untuk pengujian suatu modul program akan terdiri atas banyak data
dan prosedur. Setiap data dan prosedur disebut sebagai kasus uji (test case).
Satu modul akan memiliki banyak
kasus uji. Mengapa? Karena di dalam suatu program atau modul, pada umumnya, di
dalamnya akan terdapat lebih dari satu prosedur atau fungsi. Setiap prosedur
dan fungsi akan memiliki kegunaan sendiri, maka sudah seharusnya setiap fungsi
atau prosedur harus diuji. Pengujian pada level prosedur atau fungsi disebut
sebagai pengujian pada level unit.
8.
Permasalahan programmer
Permasalahan yang sering timbul dalam suatu proses
pengembangan adalah Perilaku dari programmer yang bisa jadi cukup menjengkelkan
manajemen, yaitu programmer tidak melakukan pengujian dengan baik dan benar.
Terkadang programmer hanya memperbaiki program, kemudian melakukan kompilasi.
Jika kompilasi sudah tanpa kesalahan, programmer menganggap bahwa program telah
benar.Spesifikasi program dari perancang aplikasi tidak selalu disertai dengan
kasus uji, sehingga sering kali pengujian dilakukan oleh programmer tidak
seperti yang diharapkan. Jadi ala kadarnya.
9.
Operator
Orang yang bertugas untuk mengoperasikan
program yang telah dibuat oleh seorang programmer. Tugas dari seorang operator
adalah. Memelihara dan mengontrol fisik perangka.t di ruang komputer. Mengontrol
dan mencatat kerja perangkat komputer dan perangkat pendukung
ruang.mempersiapkan dan mengoperasikan perangkat dan media rekaman (disk/tape)
sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.Membuat catatan mengenai kesibukan
komputer untuk mendukung perancangan pekerjaan instalasi komputer. Memproses data sesuai dengan ketentuan (waktu
prioritas tahap proses, kelengkapan keluaran). Menjaga keamanan benda
inventaris, data program, paket dan informasi dari orang-orang yang tidak
berhak. Mencatat waktu operasi dan kebutuhan operasi ruang komputer.
10.
Teknisi
Orang yang mempunyai tugas untuk melakukan
perawatan atau perbaikan terhadap peralatan komputer yang mengalami kerusakan
dan menganalisa serta mencari solusi kerusakan yang ada pada sebuah computer
dan Interaksi antar komponen.
Dari ketiga komponen dalam sebuah sistem
komputer yaitu hardware,software,brainware,satu dengan yang lainnya berkaitan
erat. Jika satu komponen saja tidak ada maka sistem komputer tidak dapat
berjalan sebagaimana mestinya. Contohnya adalah sebagai berikut,sebuah hardware tidak akan berfungsi bilamana
tidak ada software yang
menggerakkannya. Begitu pula software tidak akan berarti apa-apa bilamana tidak
ada hardware.agar hardware dan software dapat berjalan seperti yang
diharapkan maka harus ada seorang manusia yang mengoperasikannya,yang disebut
brainware. karena komputer hanya merupakan rangkaian komponen-komponen
elektronik yang dapat berfungsi atau bekerja bila semua komponen utama-nya
saling mendukung. Kesimpulannya ketiga elemen ini yaitu hardware,software,dan brainware
harus memiliki suatu hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme)
satu dengan yang lainnya agar sebuah sistem komputer dapat menghasilkan
informasi dan data yang dibutuhkan. Jadi Peranan manusia disini didalam
interaksi ini sangat penting (vital) karena seperti yang sudah tertulis di
bagian atas bahwa sebuah mesin komputer tidak akan berfungsi jika tidak ada
manusia (brainware) yang menjalankannya.
3.Hardware
Perangkat keras, merupakan salah satu element
dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia
secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. pada suatu sistem
komputer adalah termasuk semua komponen-komponen fisik dari komputer itu
sendiri, juga keyboard, mouse, monitor, speaker, dan lain-lain. Agar hardware
komputer dapat berfungsi dengan baik, suatu komputer memerlukan program.
Program terdiri dari daftar instruksi-instruksi yang memberitahukan komputer
bagaimana melakukan keempat operasi pada siklus pemrosesan informasi dalam
rangka menjalankan suatu tugas atau kegiatan tertentu.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi,
(PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
- Papan sistem / papan induk yang
merupakan tempat CPU,
memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
a.
RAM
- tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu
mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan
membantu kecepatan PC
b.
Buses:
a.
ROM (Read Only
Memory) di mana firmware diletakkan
b.
CPU (Central
Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
- Power supply - sebuah kotak yang
merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan
kipas
- Pengontrol penyimpanan, dari
jenis IDE,
SCSI atau lainnya,
yang mengontrol hard disk, Floppy disk,
CD-ROM dan drive lainnya; kontroler
ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
- Pengontrol penampilan video yang
memproduksi output untuk komputer
display
- Pengontrol komputer
bus (paralel, serial,
USB, Firewire)
untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer
atau scanner
- Beberapa jenis penyimpanan
komputer:
8.
Penyimpanan dalam,
menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
- Kartu suara , menerjemahkan signal
dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan
memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
- Jaringan komputer
,untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
- Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan
komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum
digunakan.
b.Output:
4 . RUANG LINGKUP JARINGAN KOMPUTER
Jaringan
computer (computer network) adalah hubungan dua buah
computer atau lebih yang bertujuan melakukan pertukaran data dengan mudah.
Diantaranya, berbagi pemakaian perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Bahkan berbagai kekuatan
pemrosesan data sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan dan meningkatkan
efisiensi kerja.
Server merupakan
pelayanan atau induk dari kumpulan-kumpulan computer atau stasiun kerja
(workstation). Server bertugas mengoordinasi kerja dari stasiun kerja. Mengatur
kegiatan pengguna computer atau pemakai (user),
dan memonitor kerja dari beberapa stasiun kerja tersebut. Server juga berfungsi
mengatur pemakai computer dalam menggunakan perangkat lunak (software) ataupun perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya server terbagi menjadi empat macam yaitu :
Berdasarkan fungsinya server terbagi menjadi empat macam yaitu :
a) File server berfungsi
untuk menangani (file) yang dapat diakses oleh client.
b) Print server berfungsi sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client.
c) Web server berfungsi menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser.
d) Mail server berfungsi menangani surat elektronik.
b) Print server berfungsi sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client.
c) Web server berfungsi menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser.
d) Mail server berfungsi menangani surat elektronik.
Client adalah perangkat yang akan terhubung ke jaringan.
Kebanyakan client tentu saja berupa komputer, tetapi dapat juga berupa
perangkat keras lainnya. Seperti printer dan scanner. Kadang-kadang pemakai
komputer disebut juga client. Ketika client meminta informasi, server akan
memberikan tanggapan dengan cara memberikan salinan informasi yang diminta oleh client.
Agar
proses pertukaran itu sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna, di anatara server dan client terdapat jembatan penghubung yang dinamakan protocol komunikasi. Protokol tersebut
berisi sejumlah tata cara atau langkah-langkah agar kedua computer tersebut saling
berkomunikasi dengan baik.
3.1 kesimpulan
Elemen dasar sistem komputer terbagi menjadi
tiga yaitu : Hardware, Software, dan
Brainware. Dengan mengetahui kinerja
elemen-elemen yang ada didalam komputer, diharapkan pengguna komputer dapat
benar-benar digunakan dan dimanfaatkan dengan lebih efektif dan efesien.
DAFTAR
PUSTAKA
Dahlan, M. Alwi, dkk., Jurnal Ikatan Sarjana Komunikasi
Indonesia vol. 5 dan 6, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1993.
Hardjono, Ir. Agung, Strategi mengurangi kemiskinan dengan memanfaatkan Teknologi informasi dan komunikasi, Bappenas-UNDP, tth
Hardjono, Ir. Agung, Strategi mengurangi kemiskinan dengan memanfaatkan Teknologi informasi dan komunikasi, Bappenas-UNDP, tth
Harris, Rogers W., Information and Communication
Technologies for Poverty Alleviation,
Asia-Pacific Development Information Programme, 2004
https://scholar.google.co.id/scholar?start=0&q=ELEMEN+DASAR+SISTEM+KOMPUTER&hl=id&as_sdt=0,5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar